4 Jenis burung Merpati Berdasarkan Besarnya

Berikut ini 4 jenis burung merpati jika kita lihat berdasarkan ukuran besarnya.

1. Carrier : Burung ini sering disebut sebagai English Carrier. Asalnya dari Bazora di Persia. Pada mulanya burung ini dipergunakakn sebagai pembawa berita – karenanya dinamakan carrier yang mengandung arti sebagai kurir – dan dikembangkan karena kemampuannya kembali ke kandangnya. Tetapi akhirnya tak dipergunakan lagi sebab dua jenis Racing Homer yang mempunyai kemampuan yang lebih hebat.

Artikel terkait.

Burung ini berbadan besar dengan pial  yang besar disekitar paruhnya. Bulunya keras dan rapat ke badan. Pial yang ada di paruh berwarna putih, dapat menjadi sebesar biji kemiri, dan baru berhenti berkembang setelah burung berumur 3 tahun atau lebih. Kelopak matanya dikeelilingi oleh semacam pial dalam suatu lingkaran sebesar uang ratusan. Tingginya dapat mencapai 45-48 cm. Beratnya dapat mencapai 500-650 gram. Warna burung ini ada yang hitam, merah, kuning, putih, dan ada yang berpita biru.jenis burung merpati bedasarkan besarnya

2. Carneau  : Burung ini dikenal sebagai burung konsumsi. Ia berasal dari negara Belgia Selatan atau Perancis Utara. Berat badannya rata-rata 750 gram, dan dapat mencapai lebih dari 1 kilogram.

Burung ini berkaki pendek, badan besar padat, berdada lebar. Kepalanya bulat dan besar. Paruhnya tidak terlalu panjang tetapi kuat. Sayap dan ekornya tidak terlalu panjang. Panjang sayap sewaktu merapat ke badan lebih panjang dari panjang ekornya. Warna bulunya merah, kuning, putih, hitam, dan abu-abu cokelat.

3. Strasser : Burung ini semula dikembangkan di Austria sebagai burung konsumsi. Namun ia kalah pasaran dengan Carneau. Dan pada perkembangan selanjutnya burung ini tidak untuk keperluan konsumsi tetapi sebagai burung yang dipelihara karena menarik hati para penggemarnya.

Strasser ini hampir menyerupai burung merpati Gazzi Modena. Kepala, leher, sayap, dan ekor dapat memiliki warna-warna biru, merah, kuning, hitam, dan bergaris biru atau hitam. Sedang badannya berwarna putih.

4. Mondaine : Burung ini merupakan keturunan burung dari Perancis dan Italia, yang muncul dari berbagai jenis. Modaine merupakan burung konsumsi yang baik. Punggungnya lebar dan dadanya panjang. Berat badannya antara 0,5-1  kilogram. Namun orang menilai burung ini sebagai burung yang kurang produktif bila dibandingkan dengan burung konsumsi lainnya.

Artikel terkait.

Burung ini berpenampilan indah sehingga banyak menarik penggemarnya, bahkan dapat dijadikan sebagai burung pameran, dan untuk itu telah ada standar penilaian bagi burung-burung yang dipamerkan.

Tulisan terkait :
loading...
4 Jenis burung Merpati Berdasarkan Besarnya | Penulis | 4.5