3 jenis Burung Merpati Berdasarkan Warna Bulunya

Berikut ini 3 jenis burung merpati berdasarkan warna bulunya.berikut ulasan lengkapnya.

1. Modena 

Artikel terkait.

Merupakan salah satu merpati yang paling indah dan paling populer di antara merpati-merpati pameran. Namanya diambil dari nama kota di mana burung ini berasal. Sebab burung ini telah diternakkan orang sejak abad ke-14 dan dipakai sebagai burung yang dipertandingkan dengan cara khusus di kota tersebut.

Burung ini diternakkan dalam 2 pola warna dasar dengan variasi warna hingga 150 macam. Yang terkenal adalah Gazzi Modena dengan bahan putih serta kepala, sayap dan ekor berwarna-warni. Burung ini termasuk kecil dengan panjang badan 25 cm, tetapi padat gemuk (orang bilang “buntek”) dan memiliki gaya yang anggun. Burung ini merupakan burung ternak yang baik.

2. Florentine

Burung ini berasal dari Florence, Italia. Kadang burung ini diberi nama burung “ayam betina”, karena memiliki bentuk seperti ayam betina. Burung terkenal di Eropa sebagai burung pameran, walaupun dapat juga dimasukkan sebagai burung konsumsi sebab memiliki badan yang besar, dengan berat mencapai 24-28 ounce (500-800 gram).

Kepala, sayap, dan ekornya beraneka warna dengan bagian badan lainnya berwarna putih. Burung ini diternakkan dengan warna hitam, kuning, biru dengan garis-garis hitam, cokelat dengan garis-garis, dan lain-lain.

3. Lahore 

Artikel terkait.

Burung ini diberi nama Lahore (Pakistan) oleh penggemarnya – sedang di Pakistan, india, Iran, burung ini diberi nama Shiraz, yang berarti datang dari Shiiraz, yaitu nama sebuah kota asal burung ini.

Burung ini dapat dibedakan dengan jelas dari burung-burunng lain karena leher, dada, perut, dan ekor (yaitu bagian bawah badan) berwana putih. Sedang kepala, pinggang, dan sayapnya bisa berwarna lain. Kakinya dapat berbulu keseluruhannya, tetapi ada pula yang polos sama sekali.jenis burung merpati bedasarkan warna bulunya

Burung ini tergolong berukuran besar, oleh karenanya kadang dipakai untuk keperluan konsumsi. Tetapi badan anaknya tidaklah cukup besar sehingga kalah dengan anak-anak burung konsumsi lainnya. Burung ini diternakkan dengan warna hitam, biru, merah, kuning, perak, dan sebagainya.

Oriental Frill : Burung yang sangat menawan hati ini berasal dari Turki. Jenisnya banyak sekali. Tetapi yang paling populer adalah Satinette yang mempunyai badan berwarna putih dengan garis-garis pada bahu, sayap, dan ekor berwarna hitam, biru, dan abu-abu cokelat. Bagian sayap untuk terbang berwarna putih.

Semua jenis Oriental Frill ini mempunyai bulu-balik di daerah dada. Hampir semuanya mempunyai bulu pada keseluruhan kakinya. Burung ini mempunyai paruh pendek, dan pada kepalanya ada semacam jambul yang melancip ke arah belakang kepala.

Badannya gemuk bulat. Seperti halnya jenis-jenis merpati yang mempunyai paruh pendek, jenis Oriental Frill ini merupakan burung yang pandai membesarkan anak. Oleh karena itu kita perlu memakai cara “orangtua-asuh” dari burung merpati yang berpengaruh panjang untuk memudahkan pemberian makan kepada anak-anaknya.

Ada pula merpati yang disebut dengan nama Owl – kita lebih mengenalnya dengan nama Meeeuw (bahasa Belanda). Kekhususan dari burung ini adalah paruhnya pendek, pial dan kepalanya membentuk suatu bulatan. Ada berbagai jenis dati burung ini, seperti misalnya yang datang dari Afrika, dari Inggris (dikenal dengan nama Owl) dan dari Cina.

Berbeda dengan Oriental Frill, maka jenis Owl ini kepalanya biasa saja (tanpa jambul), dan kakinya pendek dan polos tanpa bulu, tetapi di dadanya tetap ada bulu-balik. Warna-warna burung yang sering diternakkan adalah putih, hitam, biru, perak, merah, kuning, dan abu-abu cokelat.

Seperti juga pada jenis Oriental Frill, maka jenis Owl ini bukan merupakan induk yang pandai membesarkan anak, sehingga diperlukan adanya “orangtua-asuh” untuk membesarkan anak-anaknya.

Tulisan terkait :
loading...
3 jenis Burung Merpati Berdasarkan Warna Bulunya | Penulis | 4.5